Februari 25, 2021

Desa Toapaya Utara Tetapkan APBDes-Perubahan 2020 melalui Musdes

2 min read

 Bintan,SempenaNews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dilalsanakannya acara tersebut untuk Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Perubahan (APBDes-P) Tahun Anggaran 2020.

Adapun acara Musdes itu diselenggarakan langsung di Aula Kantor Desa Toapaya Utara, pada Selasa 03/11/2020

Turut hadir dalam Musdes tersebut Kepala Desa Toapaya Utara, Camat Toapaya, BPD Desa Toapaya Utara, TA Bidang SDM Kabupaten Bintan, Pendamping Desa, RT/RW, Kepala Dusun, PKK, Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan juga segenap Perangkat Desa Toapaya Utara.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pembacaan do’a. Selanjutnya kata sambutan dari Ketua BPD Desa Toapaya Utara, kata sambutan dari Camat Toapaya, dan kata sambutan dari Kepala Desa Toapaya Utara yang sekaligus membuka acara Musdes tersebut.

Kepala desa Toapaya Utara mengatakan,“Musdes perubahan ini merupakan acara yang sudah biasa terjadi dalam sebuah pemerintahan. Karena dalam suatu perjalanan rumah tangga apalagi sekelas Desa yang namanya rencana sering kali tidak sesuai dengan harapan, sehingga mengakibatkan perubahan Anggaran yang pernah di tetapkan pada Musdes sebelumnya,” kata Sayet Kepala Desa Toapaya Utara.

Lebih lanjut Sayet menjelaskan “Contohnya pada penetapan APBDES tahun 2020 tidak ada anggaran untuk penanganan Covid 19, tetapi karena mulai bulan Maret kemarin ada pandemi COVID-19 maka anggaran yang semula sudah kita tetapkan harus mengalami perubahan sesuai dengan aturan pemerintah. Misalnya, pembagian BLT DD bagi keluarga yang terdampak sehingga hal ini otomatis akan merubah APBDes yang sudah di tetapkan sebelumnya. Itulah salah satu alasan mengapa Musdes Penetapan APBDes Perubahan mesti dilaksanakan untuk tahun 2020 ini,” ujarnya

Sementara Sekretaris Desa Toapaya, memaparan mengenai kode anggaran yang mengalami perubahan di tahun anggara perubahan itu.

Dodi Saputra. Menjelaskan semua yang berkaitan dengan anggaran perubahan secara rinci, untuk itu seluruh pihak dalam acara Musdes Toapaya Utara itu menyepakati perubahan anggaran yang dilakukan.

Kemudian, diakhir acara Perangkat Desa Toapaya Utara dan BPD Desa Toapaya Utara membuat Berita Acara sekaligus menandatanganinya sebagai wujud dari permufakatan yang diperoleh dari Musdes tersebut.(Ruslan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *