Mei 7, 2021

Satu Juta Sertipikat Hak Atas Tanah di bagikan Presiden RI Joko Widodo kepada 31 Provinsi di Indonesi Termasuk Kepri

2 min read

Kepulauan Riau.SempenaNews.com-Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah kepada sejuta masyarakat yang berada di 201 kabupaten/kota dan 31 provinsi, acara itu disejalankan dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang di Tahun 2020.

“Dalam rangka bulan bhakti Agraria dan Tata Ruang, hari ini saya akan membagikan satu juta sertifikat Tanah kepada masyarakat di 31 Provinsi dan 201 Kabupaten dan Kota,” ungkap Jokowi pada Senin, 9 November 2020.

Jokowi menyebut, adapun satu juta sertifikat ini adalah jumlah yang sangat besar. Mengingat, sebelum tahun 2016 lalu pemerintah hanya mampu mengeluarkan sebanyak 500 ribu sertifikat tanah dalam satu tahun,katanya.

Sejak adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), warga semakin cepat dan mudah mendapatkan hak sertifikat atas bidang tanah yang dimiliki masyarakat kata Jokowi.

Lebih lanjut Presiden RI itu menjelaskan, bahwa Pada 2016, Kementerian ATR/BPN meningkatkan jumlah sertifikat tanah yang dikeluarkan menjadi 1,1 juta sertifikat tanah. Selanjutnya, pada 2017 menjadi 5,4 juta. Lalu di 2018, keluar 9,3 juta. Dan 2019 keluar 11,2 juta.

“Tahun ini sebetulnya saya target 10 juta, tapi saya tahu karena ada pandemi, ada hambatan di lapangan dan di kantor, oka, saya turunkan dari 10 juta jadi 7 juta. Saya yakin Insya Allah ini tercapai,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan pelayanan bagi masyarakat untuk mengurus sertifikat tanah harus cepat dan mudah. Jokowi menargetkan pada 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia harus memiliki sertifikat, termasuk tempat ibadah. mesjid, Gereja, Dan semua yang berbaur tempat ibadah. Harapnya.

Adapun pembagian Sertipikat tersebut,  disambut baik oleh seluruh masyarkat di setiap Daerah, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau, yang berlangsung di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, pada Senin (9/11).

Beberapa Pejabat, seperti Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Kakanwil BPN Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Kantor BPN Kota Tanjungpinang, serta undangan masyarakat penerima Sertifikat terlihat serius mengikuti Penyerhahan Sertipikat secara Virtual oleh Presinden RI.

Arianto.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *