Mei 19, 2021

Presiden RI lantik Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebagai Kapolri

2 min read

Jakarta, SempenaNews.com – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo resmi melantik Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebagai Kapolri yang berlangsung di Istana Negara, pada Rabu (27/1) pukul 10.00 WIB.

Diketahui,Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menggantikan Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., yang akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2021.

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebelumnya telah menjalani fit and proper test Kapolri, setelah penunjukannya sebagai calon tunggal Kapolri yang diusulkan oleh Presiden RI kepada DPR RI.

Sementara itu, usai pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., akan kembali ke Mabes Polri untuk melaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan.

Adapun pelantikan tersebut melantik Kapolri baru itu dilakukan usai Jokowi menerima vaksin Covid-19 dari Sinovac tahap kedua.

Ini sumpah jabatan yang di ucapkan Kapolri baru, mengikuti ucapan Presiden RI, “Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan bersungguh-sngguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan kerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sigit.

Seperti diketahui bahwa Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah mendapatkan persetujuan oleh DPR sebagai Kapolri baru setelah melewati uji kepatutan dan kelayakan yang digelar beberapa waktu lalu.

Arianto.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *