April 11, 2021

Sayet Kades Toapaya melaksanakan Musdes, sekaligus Sukuran Kantor Desa yang K

2 min read

BINTAN,SempenaNews.com -Musyawarah Desa (Musdes) Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan melaksanakan pembahasan dan Penetapan APB-Des (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) Tahun Anggaran 2021 yang berlangsung di kantor Desa Toapaya Utara, pada Jumat (26/2/2021).

Kegiatan itu, di sejalankan dengan penetapan nama-nama warga Desa  yang wajib mendapat Bantuan Langsung Tuni (BLT).

Penetapan penerima BLT Tersebut dilakukan melalui seleksi dan sesuai hasil ferivikasi dan layak mendapatkan BLT tersebut, ada 14 keretria sebagai mana aturan pemerintah yang di alokasikan melalui Dana Desa.

Selain itu, Musyawarah Desa (Musdes) APB- Des ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbangdes sebelumnya yang telah dilakukan, sehingga pada kesempatan ini tujuannya menyampaikan untuk apa saja Pendapatan desa yang akan dilaksanakan pada anggaran tahun 2021. ujar Kepala Desa Toapaya Utara

Sayet memaparkan, adapun Penetapan APB-Des di tahun Anggaran sebelumnya sudah melalui tahapan musyawarah bersama Pemerintahan Desa dan disepakati oleh BPD Desa melalui musyawarah Rancangan Peraturan Desa Tentang APB-Des Tahun Angaran 2021 dan telah dievaluasi oleh Tim Kecamatan toapaya Rancangan Peraturan Desa Tentang APB-Des Tahun Anggaran Penjabaran Rancangan PERDES APB-Des Th 2021 Desa.Ujarnya

Hal senada di Sampaikan Dodi Saputra, bahwa di tahun 2021 penggunaan anggaran Dana Desa masih  berkaitan Pemulihan Ekonomi Nasional. Yaitu Pembangunan yang berkelanjutan dimana kegiatan dithun sebelumnya masih tertunda karena pengalihan anggaran menjadi prioritas utama untuk tahun selanjutnya seperti pembangunan,dan lain lain”  Sekretaris Desa itu.

Dodi Menyampaikan Perkiraanya  Pendapatan Asli Desa di tahun 2021 ini akan mencapai Miliaran Rupiah,  itu sudah diperhitungkan secara rinci dari berbagai sektor yang ada dimiliki Desa Toapaya Utara. Katanya.

Pada kesempatan itu terlihat, Kepala Deda (Kades ) Toapaya Utara, Sayet beserta masyarakat membuka acara syukuran Kantor Desa Toapaya yang sudah Berusia 15 tahun.

Selain perangkat Desa Toapya Utara, juga masyarakat dan Tokoh Msyarakat terlihat hadir, menyaksikan pemotongan tumpeng yang dilakukan Kepala Desa Toapaya Utara dan dibagikan langsung ke sesepuh yang hadir pada kesempatan itu, acara itu dilakukan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan.

Penulis : Ruslan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *