Mei 19, 2021

Aunur Rafiq – Anwar di Jamu secara adat Melayu, sebagai Bupati Karimun

2 min read

KARIMUN,Sempenanews.com-Usai dilantik Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahamad, penyambutan Bupati – Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq – Anwar Hasyim dilakukan para toko Kabupaten Karimun untuk di jamu secara adat Melayu.

Hal itu berlangsung pada Senin (26/04/2021) yang mana baru saja dilaksanakan prosesi pelantikan Bupati-Wakil Bupati Karimun terpilih periode 2021-2024 oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad atas nama presidei RI di Gedung Daerah Tanjungpinang. Dan pagi itu kedua pasangan baru itu bertolak kembali ke Tanjungbalai Karimun.

Sekitar pukul 08.45 Wib,  rombongan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Karimun itu pun, sudah merapat di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun. Dilokasi terlihat antusias masyarakat dan tokoh serta pemuka agama menyambut dengan tabuhan kompang ala Melayu.

Rombongan pun langsung diarak dari Pelabuhan sampai ke Rumah Dinas (Rudin) Bupati Karimun,di sepanjang jalan dari Pelabuhan menuju Rudin, beberapa kali rombongan kelihatan ditabur beras kunyit sebagai bagian adat Melayu, hal itu dilakukan untuk menyambut orang Nomor satu “Utama” di Kabupaten Karimun yang baru tiba.

Di Rudin acara dilanjutkan dengan prosesi Tepuk Tepung Tawar yang dilaksanakan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun. Inilah acara inti pada hari pertama keduanya menjejakkan kaki pasca pelantikan di Tanjungpinang. Dengan diatur oleh Bagian Protokoler Setda Kabupaten Karimun kegiatan berjalan lancar dan aman. Diawali pembacaan ayat-ayat alquran baru dilanjutkan dengan penepuk tepung tawar secara bergiliran. Diawali oleh Ketua LAM Kabupaten Karimun, Abu Samah Arab.

Dengan menggunakan daun tetentu, daun itu direndamkan ke tepung tawar yang sudah disediakan. Lalu penepuk tepung tawar pertama menempelkan ke bagian dahi, lalu ke bahu dan ke tangannya. Kedua tokoh sebagai Pemimpin Kabupaten itu diperlakukan sama. Setelah itu dilempar beras kunyit dan beberapa rempah lainnya sebagai pasangan beras kunyit. Setelah selesailah penepuk tepung tawar pertama.

Selanjutnya, dilakukan juga oleh Kepala DJBC Wilayah Khusus Kepri di Karimun, Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Dan Lanal, Dandim, Kapolres, Ketua MUI, Kakankemenag dll. Penepuk terakhir adalah Imam Masjid Agung Kabupaten Karimun yang menutupnya dengan doa.

Prosesi tepuk tepung tawar itupun diakhiri dengan pidato sambutan. Pertama oleh Ketua DPRD sebagai representase masyarakat dan terakhir dari Bupati/ Wakil Bupati.

Penulis : Jogi Purba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *