Oktober 24, 2021

Bintan launching kampung wisata kreatif di Desa Toapaya

2 min read

Bintan, sempenaanews.comUpaya menggali kembali potensi wisata lokal di Desa Toapaya, Kecamatan Toapaya saat ini  sedang mengembangkan serta mendongkrak pendapatan Desa dengan pengembangan Kampung wisata kreatif.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengembangan wisata di Kabupaten  Bintan yang lebih mengangkat unsur lokalitas dengan konsep tematik disetiap wilayah.7

Selama ini banyak potensi wisata berbasis lokalitas tersebut namun belum secara maksimal dikembangkan, padahal sejatinya dengan kampung wisata kreatif masyarakat bisa tahu apa dan bagaimana sektor pariwisata di Bintan yang sebenarnya.

Dalam hal ini, masyarakat maupun wisatawan lokal bisa melihat sisi lain Kabupaten Bintan yang berbasis seni dan budaya kreatif juga potensi wisata berbasis unsur tradisional.

Sebab beberapa wilayah di kabupaten Bintan terus berbenah serta mengembangkan konsep kampung wisata kreatif ini.

“Untuk lebih mengenalkan konsep wisata tersebut, pada hari Rabu 30 Desember 2020 Desa Toapaya melaunching Kampung Wisata Desa Kampung Bugis, Kecamatan Toapaya termasuk salah satunya pengembangan dari konsep wisata tradisional, hal ini disampaiakan oleh Kepala Desa Toapaya melalui, Sekdes Toapaya, Januar kepada awak media ini, Rabu (30/12/2020).

“Dalam event yang digelar tersebut adalah kegiatan kepala Desa Toapaya, Mulyono. Berhubung beliau sedang dalam perawatan karena baru sembuh dari Rumah Sakit sehingga kegiatan ini di wakili Sekretaris Desa Toapaya,” ujar Januar.Pantauan awak media ini dalam acara tersebut tampak hadir Plt.Kecamatan Toapaya, Nefy purwanto, Asisten I Pemkab Bintan, Supryono mewakili bupati Bintan beserta Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang Silalahi, Babinsa dan intasi lainnya bekerja sama dengan beberapa dengan kampung wisata.

Diketahui, lahan kampung wisata yang berukuran mencapai kurang lebih 4 hektare dan pemamfaatan hanya 2 hektare lahan yang disiapkan oleh Bapak Bakri untuk menyediakan lahan pinjam pakai selama 3 tahun ditanda tangani dengan MoU. Lahan dihiasi dangan berupa tanaman produktif seperti pohon pinang, jengkol, durian dan lain-lainnya.

Launching kampung wisata tersebut sungguh memukau kesenangan hati  masyarakat Desa Toapaya Kampung Bugis, Kecamatan Toapaya.(Ruslan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *