Juni 20, 2024

TP PKK Gelar Pemeriksaan IVA, SADANIS dan KB Gratis di Aula Puskesmas Batu 10

2 min read

TANJUNGPINANG, sempenanews.com- Untuk mendukung program Pemerintah di bidang kesehatan, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Tanjungpinang mengadakan peyuluhan dan pemeriksaan IVA, SADANIS dan Pelayanan KB, sekaligus sempena Hari Kesehatan Nasional Ke-57. Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP bersama Wakil Walikota, Endang Abdullah, S,Kp. M.Si hadir pada kegiatan tersebut, bertempat di Aula Puskesmas Batu 10, pada Kamis (04/10).

Dalam sambutannya Rahma menyampaikan bahwa Pemerintah bertanggung jawab untuk memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan. “Kesehatan merupakan hak asasi manusia yang diatur dalam Undang-Undang, bahwa Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi, dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya”, ucapnya.

Lanjut Rahma mengatakan, penyakit menular sebelumnya mendominasi penyakit yang ada dimasyarakat kita namun saat ini Penyakit Tidak Menular (PTM) terus mengalami peningkatan dan bahkan angka kesakitannya sudah melebihi kasus penyakit menular. “Oleh karena itu dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular di masyarakat, Tim Penggerak PKK memberikan andil dan peran yang sangat besar terutama dalam menggerakkan masyarakat dengan melakukan pemeriksaan dini, seperti yang dilaksanakan saat ini”, tutur Rahma.

Ditambahkannya, kegiatan pemeriksaan IVA dan pelayanan KB Gratis dilaksanakan di 7 Puskesmas mulai Tanggal 1 November sampai 11 November 2021. “Melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan partisipasi dan dukungan semua pihak untuk mensukseskan kegiatan ini demi mewujudkan lingkungan yang sehat di masyarakat”, harapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Agung Wira Darma, SH mengatakan TP-PKK berperan dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis. “PKK mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, dimana perempuan sehat cermin keluarga sehat”, ucapnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *