Agustus 8, 2022

Imigrasi di Pelabuhan Batam center Mandul, pengiriman PMI Ilegal Berjalan mulus

2 min read

BATAM,sempenanews.com-Meskipun sering dilakukan Penangkapan terkait pengiriman calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) gelap (illegal) ke Negara Malasyia namun, pengiriman PMi ilegal itu masih saja berjalan Mulus  dan berbagai  modus  operandi  yang digunakan, tampa pengawasan yang ketat dari petugas Imigrasi.

Pelabuhan Batam center misalnya, pelabuhan yang berada di Kota Batam itu di ibaratkan menjadi salah satunya tempat pengiriman PMI legal, dimana berbagai cara digunakan Seperti penggunaan paspor pelancong, dilapangan kelihatan para calon PMI illegal tersebut seperti seolah pelancong  Namun itu hanya Modus untuk dapat berangkat ke Negri Jiran itu.

Hal itu dibuktikan dimana belum lama ini pengiriman PMI secara illegal menjadi sorotan dan atensi Pemerintah pusat dari bekingan aparat pemerintah sampai pungli, bukan berarti membuat para cukong-cukong itu jera para bahkan semakin “brigas”

Fakta dilapangan bahwa para cukong-cukong dan calo-calo pengiriman PMI jilegal makin meraja lela, sebab dari hasil Investigasi media ini terlihat jelas aktifitas di pelabuhan Batam center dimana para calo-calo berbondong-bondong dan diiringi calon penumpang terlihat seperti pelancong.

Saat media ini menghampiri salah satu calon penumpang  dan bertanya “mau kemana bu.?
Sepontan ibu itu kaget  inggak mas, mau ke Malasyia!’ ooh dan media ini mencoba bertanya secara mendetail lagi, ngapain kemalasyia buk sekarang kan jaman covid banyak penyakit nya buk.mau gimana lagi mas saya ke Malasyia mau mengadu nasib mencari pekerjaan sendiri ya buk? Eng mas banyak juga mas yang berangkat , dengan penasaran media ini mencoba bertanya lagi Apa ada yang bawa buk…iya mas jawab nya.

Ada yang bawa itu abang-abang itu sambil menunjuk seseorang, Nantinya yang arahkan saya hanya menunggu disini dipelabuhan.Ujarnya.

Dan media ini mencoba bertanya kepada seseorang yang ditunjuk ibu tadi, dan bertanyak sebagai berikut, Bang ijin bertanya sedikit..,iya bang jawabnya
Abang dari mana? Dari media bang oooh jumpa bang Hasan saja dia koordinator lapangan bang “ucapnya sambil cepat bergegas meninggalkan media ini.

Sangat miris dimana pelabuhan Resmi seperti pelabuhan Batam center menjadi tempat pengiriman PMI illegal dimana pelabuhan tersebut banyak aparat penegak hukum nya mulai dari imigrasi, polisi,BP Batam Namun pengiriman PMi illegal tersebut terus berjalan dengan bisa dan lolos dari petugas.

Seharusnya aparat penegak hukum dan instansi terkait, dapat mengawasi dan mencegah pengiriman PMI secara illegal, sebab hanya dengan modus paspor pelancong, mereka dapat berangkat hal ini indikasi yang kuat duggan bahwa ada bekerja sama dengan cukong-cukong meloloskan PMI jilegal tersebut, yang nantinya menjadi korban dan akhirnya menunggu ada pemulangan dari Malasyia agar dapat pulang ke Indonesia.

Untuk itu, dari hasil pantawan di lapangan, Penting Imigrasi di Pelabuhan Batam Center agar dapat menjalankan tugasnya untuk menhindari indikasi Trafiking yang akan mengorbankan warga Negara Indonesia.
Penulis :Hr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.