Juli 20, 2024

Polsek Singkep Barat Komitmen Bersama Pemerintah Kecamatan dan Elemen Masyarakat Cegah Karhutla

2 min read

LINGGA, sempenanews.com –

Dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, Polsek Singkep Barat mendeklarasi pencanangan kesepakatan larangan membakar lahan, kebun dan hutan.

Deklarasi tersebut dilaksanakan melalui apel bersama Muspika Kecamatan Singkep Barat yang digelar di Halaman Mapolsek Singkep Barat,
Sabtu (6/5/2023).

Kapolsek Singkep Barat AKP Rifi Hamdani Sitohang, S. Sos mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di jajaran Polda Kepri, dalam rangka untuk pencegahan Karhutla.

Dengan dasar tersebut Kapolda Kepri mengeluarkan maklumat tentang pencegahan dan penanggulangan Karhutla dan adanya siaran pers BMKG tanggal 25 April tentang gelombang panas Asia yang masih berlangsung.

“Untuk itu seluruh Personil TNI-Polri dan Para relawan Satgas Karhutla dengan di dukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga mempersiapkan mental dan fisik yang prima di landasi moral dan disiplin kerja yang tinggi sehingga bila kebakaran hutan terjadi kita bersama-sama siap menangani dan mampu mengatasi setiap kendala yang terjadi di lapangan.”ungkap Kapolsek. 

Untuk mendukung keberhasilan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, diperlukan kerja keras bersama melalui sinergisitas pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dengan tetap mendorong partisifasi aktif seluruh lapisan masyarakat.

“Apel ini untuk mempersiapkan semua ketika nanti ada kejadian kita bisa satu suara visi dan misi untuk menyelesaikan permasalahan kebakaran hutan dan lahan. Karena sekarang ini cuaca sedang ekstrim khususnya di Asia kita bisa tahu bersama bahwa suhu di Asia sudah meningkat sehingga efeknya sampai ke kita,” ujarnya.

Dalam Upacara tersebut Kapolsek Singkep Barat memimpin pengucapan Deklarasi yang diikuti oleh seluruh peserta upacara yang berbunyi “Deklarasi, kami dan seluruh elemen masyarakat serta pelaku usaha bidang perkebunan dan kehutanan kabupaten Lingga provinsi kepri menyatakan dan siap mendukung kepulauan riau bebas dari kebakaran hutan dan lahan tahun 2023”

“Dengan Upacara Deklarasi ini mencerminkan bahwa TNI/POLRI dan instansi terkait siap menghadapi ancaman karhutla yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah Kabupaten Lingga,”ujarnya.

“Kita menghimbau kepada masyarakat Singkep Barat agar tidak membakar lahan ataupun hutan dalam membuka lahan untuk perkebunan maupun pertanian,” tutup Kapolsek.

Penulis, :  R / DH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *