Juni 16, 2024

Bupati Aunur Rafiq STQH Kepri Beri Dampak Positif bagi Ekonomi Karimun

2 min read

KARIMUN,sempenanews.com-Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2023 di Kabupaten Karimun resmi dibuka.

Dibukanya STQH ke-X ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang didampingi oleh Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina dan Bupati Karimun Aunur Rafiq di Astaka Utama Coastal Area Karimun, Selasa (9/5/2023) malam.

STQH tahun ini mengusung tema “Dengan STQH X Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023, Mari Wujudkan Hidup Penuh Makna dengan Memahami dan Mengamalkan Kandungan Al-Quran”.

STQH dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai 14 Mei 2023 dengan 4 cabang yang dilombakan dengan 10 golongan yang diikuti oleh 117 peserta dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Kepri.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas digelarnya STQH ke-X Provinsi Kepulauan Riau di Kabupaten Karimun.

“Terima kasih kepada bapak Gubernur dan ibu Wakil Gubernur, Kabupaten Karimun sebagai tuan rumah siap menyukseskan STQH ke-V Provinsi Kepulauan Riau,” kata Bupati.

Bupati menyampaikan bahwa digelarnya STQH ini memberi multiplier effect economy atau juga memberikan dampak positif terhadap perekonomian Kabupaten Karimun.

Bupati mencontohkan seperti porter, sopir taksi, ojek yang mengalami peningkatan penghasilan sejak rombongan para kafilah tiap kabupaten dan kota, tamu undangan dan wisatawan yang tiba di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

“Dari sisi pelabuhan saja, pendapatan para porter mengalami peningkatan karena banyaknya mulai dari rombongan para kafilah, tamu undangan sampai wisatawan yang sengaja datang ingin menyaksikan STQH Kepri ini membutuhkkan jasa angkutan barang. Begitu juga sopir taksi dan ojek,” terang Bupati.

Kemudian, Bupati menyampaikan bahwa dampak positif lainnya dari pelaksanaan STQH ke-X juga dirasakan oleh pelaku usaha perhotelan.

“Pihak perhotelan menyampaikan okupansi mereka mengalami peningkatan, banyak hotel yang kamarnya sudah penuh bahkan sudah dibooking sebelum pelaksanaan STQH,” katanya.

Terakhir, Bupati menyampaikan dampak positif lainnya juga dirasakan oleh pelaku UMKM yang berjualan saat acara pembukaan STQH Provinsi Kepulauan Riau di Coastal Area Karimun

“Bisa kita lihat banyak pelaku UMKM yang berjualan disekitar lokasi acara pembukaan, ribuan masyarakat yang hadir tentunya memberikan dampak positif bagi mereka. Penjualan mereka laris bahkan dua kali lipat dari biasanya,” ujar Bupati.

Sambungnya, Bupati mengaku bersyukur setiap pelaksanaan event-event besar memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Karimun.

“Adanya event-event besar memberikan dampak positif bagi pelaku ekonomi di Karimun, inilah yang saya harapkan dan saya syukuri untuk mendorong ekonomi masyarakat. Khususnya setelah terpuruknya ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Aunur Rafiq mengajak seluruh masyarakat Karimun untuk bersama-sama meramaikan dan ikut menyukseskan pelaksanaan STQH ke-X Provinsi Kepri.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk memberikan semangat dan mendoakan para kafilah Kabupaten Karimun.

“Mari bersama-sama kita menyukseskan Karimun sebagai tuan rumah STQH Kepri 2023, tidak lupa mari kita doakan para kafilah semoga berhasil meraih prestasi di tiap cabang perlombaan. Doa dan semangat dari masyarakat tentu menjadi pendorong bagi para kafilah,” pungkasnya. Penulis: Bou Nainggolan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *