April 21, 2024

Pemkab Siak Terima Kunjungan Kukerta LPPM UNRI

2 min read

SIAK,sempenanews.com–Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Arfan Usman menerima kunjungan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (Unri). Pertemuan digelar di komplek Kediaman Dinas Bupati Siak, Senin (3/7/2023).

Mewakili Bupati, Sekda mengatakan, pihaknya menyambut baik program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) yang diselenggarakan di Siak. “Kami sangat menyambut baik adanya program Kukerta Unri di Kabupaten Siak ini,” katanya.

Sekda menyampaikan, pemerintah daerah menyambut baik kedatangan mahasiswa Kukerta, karena hampir 70 persen pegawai di Pemerintah Daerah Siak yang melanjutkan pendidikan di Unri. “Sekitar 70 persen pegawai di Siak adalah alumni Unri,” ungkap Sekda.

Pihaknya berharap mahasiswa yang ikut program Kukerta dapat diturunkan ke kampung-kampung yang ada di Siak.

“Jika penempatan mahasiswa Kukerta ini di letakkan selama kurun waktu yang cukup lama. Maka ini tentunya akan dapat memaksimalkan penyelarasan Program dari Pemerintah Kabupaten Siak,” kata Sekda.

Merespon sambutan hangat Pemkab Siak, Ketua LPPM UNRI Prof..Dr.Mubarak MSi, menyampaikan bahwa pihaknya menginginkan Kukerta mahasiswa di Siak ini menjadi contoh bagi Unri dalam melaksanakan Kukerta tahun ke depan.

“Kita menginginkan mahasiswa Kukerta Unri nantinya, dapat bermanfaat bagi Kabupaten Siak. Begitu juga dengan diri mereka sendiri, tentunya akan banyak mendapat pengalaman dan pengetahuan dari adanya Kukerta ini,” harap Mubarak.

Dr Neni Hermita MPd, Koordinator Kukerta LPPM Unri, menambahkan, bahwa Siak merupakan Lokus untuk kelompok Kukerta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Program Kukerta MBKM ini diharapkan sebagai lanjutan dari Program Kukerta Reguler yang dilaksanakan,” katanya.

Dipaparkan Neni, bahwa jumlah desa Kukerta Reguler sebanyak 82 desa, yang kita agendakan 10 juli hingga 19 Agustus 2023. Selanjutnya Kukerta MBKM sebnyak 36 des dari bulan Agustus hingga desember 2023.

“Tahapan Kukerta MBKM, di antaranya merancang proyek pendalaman materi di kampus, menyelesaikan proyek di lokasi MBKM, dan menyelesaikan luaran proyek dan laporan di kampus,” jelas Neni. penulis : kan/Siak)inf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *