Juni 16, 2024

Bupati: Ponpes Darussalam Al Bantani Harapan Penguat Pendidikan Agama di Bengkalis

2 min read

BANTAN, sempenanews.com- Sebelum memulai proses pembelajaran tahun ajaran baru, Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Al Bantani menggelar serimoni pembukaan belajar mengajar tahun 2023-2024, Rabu, 12 Juli 2023.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andris Wasono, hadir dalam pelaksanaan kegiatan di Ponpes Darussalam Al-Bantani, Desa Sukamaju, Kecamatan Bantan tersebut.

“Selamat menuntut ilmu buat anak-anakku santriwan-santriwati Ponpes Darussalam Al Bantani. Semoga ananda semua kelak menjadi anak-anak yang cerdas, berakhlak mulia dan berkepribadian Indonesia serta menjadi praktisi bangsa yang senantiasa dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Qur’an dalam kehidupan sehari-harinya,” ujar Asisten I ketika membacakan pidato tertulis Bupati Bengkalis.

Beliau juga menyampaikan, bahwa di Ponpes juga anak-anak semua akan mendapatkan pelajaran dua bahasa, utamanya bahasa arab, karena anak-anakku semua mempelajari ilmu agama melalui kitab-kitab. Selain itu, bahasa inggris juga diajarkan secara intensif. untuk mendukung anak-anak semua agar memiliki kompetensi seperti anak sekolah umum lainnya.

“Dan yang tak kalah pentingnya, dengan mengenyam pendidikan di pondok pesantren, In Syaa Allah, anak-anak semua akan terhindar dari dampak negatif pergaulan. karena tak dapat dipungkiri, dunia modern saat ini sangat banyak hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan generasi bangsa. oleh karenanya, kami berpesan, agar kalian memanfaatkan masa-masa sekolah di Ponpes Darussalam Al Bantani ini dengan maksimal, agar cita-cita dan harapan kalian bisa tercapai,” paparnya.

Kepada para ustadz dan ustadzah yang mengabdikan diri di Ponpes ini, Bupati juga mengucapkan apresiasi atas seluruh dedikasinya mencerdaskan anak bangsa yang diharapkan berakhlak mulia.

“Tentunya bangga dan bersyukur, karena kehadiran Ponpes Darussalam Al Bantani, telah dapat membantu kami pemerintah daerah, dalam menguatkan pendidikan berbasis agama. Mudah-mudahan, dari ponpes ini kedepannya, akan banyak muncul generasi handal yang bisa menjadi pemimpin umat dimasa hadapan. Bahkan, mampu menjadi pelopor sekaligus inspirator pembangkit moral anak bangsa,” harapnya.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sambungnya, tentunya sangat mendukung, mendorong dan memotivasi sekolah-sekolah berbasis agama, untuk dapat menerapkan kurikulum merdeka. Karena, dengan mengimplementasikan kurikulum merdeka, diharapkan dapat menjadikan generasi penerus di Negeri Junjungan ini kedepannya menjadi lebih baik dan lebih maju, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Sebagai informasi, santri baru yang diterima Ponpes Darussalam Al Bantani pada tahun ini sebanyak 62 orang. Adapun secara keseluruhan selama 4 tahun berjalan, pondok ini telah memiliki hampir 200 santri, dengan pendidikan formal MTs dan MA.

Hadir dalam acara tersebut, Pimpinan DPRD Bengkalis, Sofyan, Wakapolres Bengkalis, Kompol Faris Nur Sanjaya, Danramil 01/Bengkalis, Capten Cpl. Farimus Hendriko, Pimpinan Ponpes Darussalam Al Bantani, Kiyai Amri, Kakan Kemenag Bengkalis, diwakili Kasi Pontren, H Ibrahim, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, Buya H Amrizal, Pimpinan Popshol Ãl Burdah Baa Khalish, Abah Ahmad Fadhli Inayatullah, Pimpinan Ponpes Nurussalam, Kiyai Nizar, Pimpinan Ponpes Iqomul Qur’an, Zulpan Iqrom dan tamu undangan lainnya.Penulis : inf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *