Juni 16, 2024

Alfedri Harap Koperasi Bisa Mengikuti Perkembangan Zaman.

2 min read

KOTO GASIB,sempenanews.com-Bupati Siak Alfedri menghadiri Hari Koperasi Nasional ke – 76 dan hari UMKM tingkat Kabupaten Siak tahun 2023, yang dilaksanakan di Halaman Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Dharma III, Kampung Keranji Guguh, Kecamatan Koto Gasib, Kamis (10/8/2023).

Di awal sambutannya, Bupati Siak Alfedri terlebih dahulu mengucapkan selamat Hari Koperasi Nasional ke – 76 dan Hari UMKM tahun 2023, bagi seluruh Pengurus Koperasi dan Penggiat Koperasi se-Kabupaten Siak.

“Dengan Hari Jadi Koperasi Nasional ke – 76 ini, diharapkan Koperasi di Kabupaten Siak kedepannya semakin baik, semakin berjaya dan bisa mengikuti perkembangan zaman. Jika pernah merasakan turbulensi ataupun keterpurukan, maka kta jangan sampai masuk ke dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya. Jangan sampai kita hanya berjalan ditempat saja, harus ada perubahan kearah yang lebih baik kedepannya”,harap Bupati Alfedri.

Selain itu, Alfedri juga mengajak kepada seluruh pengurus Koperasi yang ada di Kabupaten Siak, agar bisa terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi termasuk jenis usahanya. 

“Di zaman sekarang, Koperasi harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman termasuk di segi jenis usahanya. Jadi Koperasi tidak harus monoton, bisa saja mengembangkan jenis usahanya, karena saat ini kita juga berada dizaman Milenial dan zaman dimana semuanya serba online”, ucap Alfedri.

Terkait dengan UMKM, Pemerintah Kabupaten Siak komitmen untuk membentuk 1000 UMKM di Kabupaten Siak.

“Dengan terus berkembangnya UMKM yang ada di Kabupaten Siak, diharapkan mampu mendorong dan mengangkat perekonomian masyarakat agar lebih baik kedepannya. Terutama bagi masyarakat kurang mampu ataupun masuk ke dalam PKH dan miskin ekstrim”,sebutnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak Arisman mengatakan tujuan pelaksanaan Hari Koperasi Nasional ke – 76 tingkat Kabupaten Siak, untuk mendukung terlaksananya hari Koperasi Nasional ke – 76 tahun 2023 tingkat Kabupaten Siak, dan menggelorakan gerakan bangga berkoperasi Indonesia Maju, kepada gerakan koperasi dan seluruh masyarakat Kabupaten Siak.

“Data Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia pertanggal 31 Desember 2022, jumlah Koperasi di Kabupaten Siak sebanyak 238 Koperasi. Terdiri Koperasi Primer, berjumlah 165 aktif RAR, dengan persentase koperasi aktif di Kabupaten Siak sekitar 69,43 persen”, jelas Arisman.

Pada kesempatan ini, sambung Arisman, juga akan dilaksanakan penyerahan penghargaan yang akan di serahkan langsung oleh Bupati Siak Alfedri pada Hari Koperasi Nasional ke – 76 tingkat Kabupaten Siak tahun 2023 diantaranya :

– Koperasi Terbaik Kelompok Koperasi Simpan Pinjam Pola Syariah diberikan kepada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Malwat Tamhil Nahdlatul Ulama Siak.
– Koperasi Terbaik Kelompok Koperasi Simpan Pinjam diberikan kepada Koperasi Simpan Pinjam Mitra Sejahtera Mandiri.
– Koperasi Terbaik Kelompok Koperasi Unit Desa (KUD) diberikan kepada KUD Karya Dharma III.
– Koperasi Terbaik Kelompok Koperasi Karyawan diberikan kepada Koperasi Karyawan Libo Bertuah.
– Koperasi Terbaik Kelompok Koperasi Perkebunan diberikan kepada Koperasi Produsen Rimba Mutiara Banso Riau.

Selain itu, Arisman menambahkan juga ada Penghargaan bagi Tokoh Koperasi di Kabupaten Siak, yakni :

– Camat Peduli Koperasi dan UMKM diberikan kepada Camat Lubuk Dalam M. Agung Apandi.
– Penghulu Peduli Koperasi dan UMKM diberikan kepada Penghulu Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun Siti Aminah.

Pada Hari Koperasi Nasional ke – 76 tingkat Kabupaten Siak tahun 2023, juga dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Siak Fairus Ramli, Camat Dayun, beberapa kepala OPD, Ketua Koperasi se-Kabupaten Siak.inf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *