Agustus 1, 2021

Sejak Januari 2021 Desa Ekang Dua Kali di Landai Banjir, Bunari Sigap Bantu Warga

2 min read

Bintan, SempenaNews.com- Puluhan Rumah di Ekag Enculai, Desa Ekang, kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan menjadi korban banjir setelah curah hujan yang sangat deras menyelimiuti pulau Bintan.

Musibah ini menjadi yang Kedua kali terjadi sejak 2 Januari 2021, namun banjir kali ini sangat parah membuat Kepala Desa Ekang, Bonari, Bhabinkamtibmas Polsek Bintan Utara serta perangkap RT/Rw Turun langsung mendirikan posko dapur umum untuk membantu warga terdampak banjir. Pada Minggu 10 Januari 2021.

Di lapangan terlihat, beberapa Kendaran seperti Mobil dan Honda harus putar arah akibat debet air yang sangat tinggi membuat mereka tidak boleh melintasi banjir yang menggenangi Jalan raya di Kilo Meter 58 percis di Kampung juko Dusun 3 Rt 12. Bintan itu.

Hal ini diakui Kepala Desa Ekang Ancuali Bunari, Bahwa wilayah kerjanya telah terjadi Banjir akibat curah hujan yang sangat lebat dan lama, dijelaskannya ada beberapa diraniase yang dinggap tidak memadai untuk menampung dibet air, mengakibatkan tumpukan air sehinggah menegglamkan ruas jalan umum dan masuk ke Rumah warga.

Untuk itu ,Bunari berharap kepada Dinas PUPR Kabupaten Bintan, agar dapat turun melakukan peninjauan kelapangan khususnya di dareah Desa Ekang Ancula, karena banyak diraniase yang merupkan tanggung jawab kabupaten Bintan untuk di perbaiki serta mengatasi terjadinya banjir seperti yang terjadi saat ini, harapnya.

Selain itu Kades Ekang Anculai, prihatin terhdap  warga yang pada Tanggal 2 Januri kemarin terkena banjir,  sebab mereka masih menjemur tempat Tidurnya dan  belum kering, hari ini mereka terkena terdampak lagi akibat air yang sangat tinggi masuk ke Rumh mereka, sangat kasihan mereka.ujar Bonari.

Bunari mengatakan, saat ini pihaknya fokus terhadap warga yang terdampak, sebagaimana upaya  untuk mengefakuasi warga dari titik-titik banjir,  serta memberikan bantuan makanan. “intinya kami perlu antisipasi warga yang terdampak, dan selalu menjalin kerjasama, kekompakan antara Bhabinkamtibmas,warga, relawan yang ada di desa beserta elemen masyarakat untuk antisipasi banjir ini supaya tidak ada korban” ujarnya.

.

Ia pun mengataka ucapkan terima kasih Kepada Polsek Bintan Utara, yang  sigap menurunkan Bhabinkamtibmas ikut serta turun ke lokasi banjir untuk mendirikan posko untuk warga yang terdampak.

Bunari juga berjanji akan mempertimbangkan langkah apa yang akan di lakukan setelah baanjir ini teratasi si kemudian hari, ucapnya.

Akibat banjir itu, puluhan rumah sudah digengi air setinggi 1 meter, membuat masyarakat segera mengungsi di tempat yang lebih tinggi.

Posko dapur umum untuk penggulangan bannjir itu disiapkan memasak mkanan kemudian di antar ke kediaman warga yang terdampak banjir.

Salah satu warga terdampak banjir, yang rumahnya dimsukin air ketika di antarkan tim posko penanggulangan banjir, mengatakan kammi sangat berterima kasih atas bantuan makanan ini, semoga cuaca ini cepat berubah panas agar banjir ini cepat teratasi ucap, Sungkian.

Ketua RT 10 Rw 5, Desa Ekang Anculai Miduk, mengatakan kali ini kita Tim penaggulangan bencana banjir di Desa ini, akan mengatarkan makanan ke rumah warga yang terdampak banjir, dan semoga bantuan ini bermamfaat bagi Warga yang terdampak banjir. Harapnya.

Arianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *