Agustus 8, 2022

PPKM Mikro RW 005 Kelurahan Melayu Kota Piring, laksanakan Vaksinasi Masal Perdana.

3 min read

TANJUNGPINANG, sempenanews.com- Guna percepatan dan pencapayan Vaksinasi terhadap warga masyarakat  juga sebagai bentuk penanggulangan pandemi Covid-19, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah adalah dengan melakukan program vaksinasi langsung kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan dalam rangka mempercepat 100 persen Vaksinasi kepada masyarakat Kota Tanjungpinang  juga langkah  memutus kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih berpotensi di masyarakat, serta memperhatikan peraturan dan kebijakan Pemerintah pusat terkait dengan pelaksanaan pemenuhan Vaksinasi Covid-19.

Berkenan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Kelurahan Melayu Kota Piring memperdayakan PPKM Mikro  RW 05 untuk melakukan pendataan dan mengajak masyarakat untuk mendapatkan  Vaksinasi diwilayah RW 05 Kelurahan Melayu Kota Piring yang menaungi RT 01,02,03,04,05.

PPKM Mikro RW 05 Kelurahan Melayu Kota Piring itu melaksanakan Program Vaksinasi diwilayah Kijang Lama sebagai Wilayah RW 05. Joko Sarjono sebagai Ketua PPKM Mikro yang juga menjabat sebagai Ketua RW 005, mengatakan “Vaksinasi ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Lurah Melayu Kota Piring, demi keselamatan bersama serta sebagai bentuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 juga bentuk upaya pencapaiyan 100 Persen Vaksinasi di Kota Tanjungpinang. ujar Joko S pada hari Jumat (12/11/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan Vaksinasi itu di dukung oleh pihak Puskesmas Melayu Kota Piring untuk melaksanakan vaksinasi massal baik tahap pertama maupun Vaksin Kedua, untuk masyarakat/warga dilingkungan RW 005 Kelurahan Melayu Kota Piring Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang

Vaksinasi ini ditargetkan untuk sebanyak 260 warga antara lain (anak-anak diatas usia 12 Tahun, dewasa ibu hamil, hingga lansia). namun dari 260 warga itu hanya dapat hadir sebayak 64 orang dan berhasil dilakukan vaksinasi, adapun warga iti terbagi dari Rt 01, Rt 02, Rt 03, Rt 04, Rt 05 Sementara Jenis vaksin yang diberikan  adalah  Sinovac dan AstraZeneca, namun untuk Vaksin Kedua hanya tersedia Jenis Vaksin Sinovac. Tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Melayu Kota Piring yang diwakili oleh kasih Pembagunan Rustam beserta anggota, Bhabinkantibmas, Babinsa, Tim Puskesmas Melayu Kota Piring, dan dibantu Rt RT se Rw  05 Kelurahan Melayu Kota Piring.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Vaksinaai PPKM RW 05 Burhanuddin menyampaikan terima kasih kepada warga dilingkungan RW 05 yang dapat hadir berpartisipasi dalam pelaksanaan Vaksinasi tersebut.

Burhanunddin  mengatakan, pelaksanaan Vaksin itu sudah termasuk mencapai target, mengingat waktu hanya 4 Jam saja dapat melaukan Vaksin kepada 64 Warga, walaupum targetynya memang Mencapai 260 Warga, akan tetapi pelaksanaan Vaksin perdana Lewat PPKM di Kelurahan Melayu Kota piring sudah dapat dikatakan berhasil.

” Selain itu ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) melalui program vaksinasi serta mensukseskan Vakainasi 10 Persen di Kota Tanjungpinang” Ujarnya

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Melayu Kota Piring dan juga Pemerintah Kelurahan Melayu Kota Piring serta Bhabinkamtibmas, Babinsa atas dukungan dan kerjasama yang solid juga kepada vaksinator yang tanpa pamrih demi mewujudkan Indonesia Sehat.

“Tetap terapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi. Semoga dengan dilaksanakannya vaksin ini masyarakat di Kota Tanjungpinang Khususnya di Kelurahan Melayu Kota Piring  pada hari ini segera pulih dari pandemi Covid-19,” harapnya.

Selain itu, selaku penanggungjawab vaksinator Puskesmas  Melayu Kota Piring menuturkan harapannya, “Semoga setelah vaksinasi dilaksanakan, kasus COVID-19 dapat menurun dan masyarakat menjadi sehat,” tuturnya.

Iya juga menjelaskan dari jumlah kuota 64 orang yang divaksin hari ini nama-nama sudah terdata yang telah dilakukan vaksinasi jenis vaksin Sinovac dengan dosis vaksin pertama dan Kedua di RW 005 Kelurahan Melayu Kota Piring,Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang, yang mana dilaksanakan sesuai dengan Instruksi pemerintah terkait dengan vaksinasi.

“ Semoga setelah divaksin ini, imun tubuh warga kita di Lingkungan RW 005 semakin meningkat dan tetap patuhi disiplin prokes. Pencegahan covid-19 tetap harus diterapkan sehari-hari dan besar harapannya agar kedepannya warga lebih mempunyai kesadaran sendiri,” ujar medis Dari Puskesmas Melayu Kota Piring.

Disamping itu, Pemerintah Kelurahan Melayu Kita Piring  mengucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan vaksinasi ini, serta kami juga berterimakasih kepada Warga Masyarakat yang telah berpartisipasi dan antusiasme nya hadir dalam kegiatan ini.

Dan juga bagi Warga Masyarakat yang belum dapat berpartisipasi dalam tahap vaksinasi ini kami mohon dapat langsung ke Puskesmas Melayu Kota piring untuk malakukan vaksinasi. Tutup Joko Sarjono  Ketua PPKM RW 05 Kelurahan Melayu Kota Piring.

Sementara Lurah Melayu Kota piring terharu “Saya terharu dan bangga, karena warga sangat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 ini walaupun di tengah Masyarakat masih dapat beredar hoax negatif tentang vaksin seperti di media sosial (medsos) khususnya warga di Kelurahan MKP sangat antusias dan saya bangga,” tutup Lurah Melayu Kota Piring, Balqis Rizky Ananda, S.STP.

Penulis : Agun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.