Juli 12, 2024

Peringati Hari Lanjut Usia Nasional Ke-26, Alzheimer’s Indonesia Chapter Bengkalis gelar sejumlah kegiatan

2 min read

BENGKALIS,sempenanews.com – Sebagai upaya untuk meningkatkan kebugaran, kekerabatan antar lansia, Alzheimer’s Indonesia Chapter Bengkalis menggelar sejumlah kegiatan dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-26.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan Senam Alzi Bengkalis Ceria (ABC), Penyuluhan dan edukasi 10 tanda Demenesia Alzheimer’s (Pikun) dan Permainan (fun games) untuk lansia, Sabtu, 4 Juni 2022 di Aula Kantor Camat Bengkalis.

Koordinator Wilayah Chapter Bengkalis sekaligus Ketua Panitia pelaksana, Ners Diah Tantri mengatakan kegiatan dilaksanakan sebagai sarana dalam meningkatkan kebugaran masyarakat khususnya lansia, juga sebagai meningkatkan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya berolahraga.

“Juga sebagai langkah untuk menjalin kerjasama kerukunan dan kekerabatan antara sesama dan lebih mengenal secara dekat,” kata Tantri.

Tantri menjelaskan acara yang dilaksanakan diikuti oleh enam desa dengan masing-masing mengirimkan 15 orang lansia serta pengurus TP PKK Kecamatan/Desa dan Kelurahan dengan jumlah peserta sekitar 136 orang.

“Adapun desa yang di utus yakni Kelurahan Bengkalis Kota, Kelurahan Damon, Kelurahan Rimba Sekampung, Desa Air Putih, Desa Wonosari dan Desa Kelapapati,” ujar Tantri.

Selanjutnya Tantri menambahkan meskipun saat ini virus Covid-19 sudah melandai namun harus selalu tetap waspada dan selalu jaga kesehatan.

“Lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan dan harus di antisipasi juga harus mendapat perhatian khusus, melalui kegiatan ini tentu kita berharap para lansia ketahanan tubuhnya lebih kebal,” harap Tantri.

Pada kesempatan ini juga diberikan penyuluhan edukasi tanda pikun dan cara pencegahan nya oleh dr. Nila Dwi Wati, Sp. S dan dr. Yuri Zarita Khairi,Sp.S (Spesialis Saraf).

“Senam dan permainan yang dilakukan untuk menstimulasi fungsi kognitif otak untuk tetap aktif dalam mencegah pikun di usia senja,” jelas Tantri.

Sementara itu Ketua PKK Kecamatan Bengkalis Rafika Wati sekaligus membuka acara hari lanjut usia nasional mendukung kegiatan yang ditaja oleh Alzheimer’s Indonesia Chapter Bengkalis.

“Kami tentunya mendukung sekali kegiatan seperti ini, dan ini juga sebagai langkah awal dalam meningkatkan ketahan tubuh para lansia yang ada di Kecamatan Bengkalis,” kata Rafika.

Rafika menambahkan semoga serangkaian kegiatan yang ditaja oleh Alzi Bengkalis bersama PKK Kecamatan Bengkalis dapat meningkatkan kerukunan dan kekerabatan antar lansia, keluarga dan masyarakat.

Pada kesempatan itu panitia juga telah menyiapkan berbagai doorprize hadiah untuk pemenang dan semua lansia serta undangan yang hadir juga mendapatkan souvenir susu dan handuk kecil.
Penulis : AD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *