Juli 20, 2024

PSM Makassar, tahlukan Persib Bandung 5-1 di Stadion BJ Habibie

3 min read

BANDUNG,sempenanews.com – Persib Bandung dihancurkan PSM Makassar. Dalam laga di Stadion BJ Habibie, Parepare, Persib kalah telak oleh PSM dengan skor 5-1. Persib dibuat tidak berdaya di pertandingan ini.
Sejak menit awal pertandingan, Persib tak mampu mengimbangi permainan PSM yang didukung penuh suporternya.

Lima gol PSM dicetak melalui brace Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta, serta satu gol Willem jan Pluim. Sedangkan satu gol Persib dihasilkan lewat tendangan Marc Klok.

Jalannya pertandingan pada Babak pertama, PSM Makassar berhasil mencetak gol cepat saat baru berjalan waktu 2 menit, Adalah Yakob Sayuri yang membuat PSM unggul 1-0. Yakob melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dimana bola meluncur deras ke sudut kanan gawang Persib tanpa bisa dihalau Made Wirawan.

Unggul satu gol tak membuat PSM mengendurkan serangan. Juku Eja kembali mendapat peluang lewat sepakan Yakob Sayuri di menit ke-6. Namun bola masih melebar dari gawang.

Tertinggal satu gol Persib mencoba membangun serangan dari lini pertahanan mereka sendiri dengan memainkan bola-bola pendek. Namun hingga menit 13, upaya Persib belum berhasil menembus pertahanan PSM.

Persib justru kembali harus kebobolan. PSM menambah keunggulan lewat Ramadhan Sananta di menit 18. Berawal dari kerjasama Yakob dan Willem Pluim, Yakob melepaskan umpan tarik. Sananta yang berdiri bebas tinggal menyontek bola dan membuat PSM unggul 2-0 atas Persib.

Persib berupaya meningkatkan intensitas serangan. Lewat sisi flank yang diisi Febri Hariyadi dan Ciro Alves. Namun Persib masih kesulitan menciptakan peluang.

Persib akhirnya mampu menciptakan peluang pertama lewat Ricky Kambuaya di menit 29. Menerima umpan Ciro Alves, Kambuaya melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang tendangannya menyamping dari gawang.

Persib akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan di menit 32. Marc Klok yang tak terkawal di kotak penalti PSM melepaskan tendangan keras usai menerima umpan Febri Hariyadi. Bola menghujam deras ke gawang Arya Pratama. Skor berubah 2-1.

Mampu mencetak gol membuat permainan Persib makin menyerang. Namun justru Persib harus kembali kemasukkan gol di menit 45. Willem Pluim mengirim umpan matang ke Sananta yang disusul tendangan keras yang tak bisa dihalau bek dan kiper Persib.

Maka terhitung pada Babak kedua
Tertinggal 1-3, Persib mengawali babak kedua dengan mengganti Dedi Kusnandar. Dedi digantikan pemain sayap Frets Butuan.

Persib benar-benar dibuat tak berdaya. PSM kembali memperlebar keunggulan. Yakob Sauri mencetak gol keduanya di menit 51. Ia melakukan aksi individu sebelum melepaskan tendangan melengkung yang sulit dijangkau Made Wirawan. Skor jadi 4-1 untuk PSM.

Unggul 4-1 PSM sedikit merubah gaya bermain menjadi lebih bertahan. Pelatih Bernardo Tavares memasukkan dua gelandang sekaligus, Rizky Eka dan Rasyid Bakri menggantikan Yakob Sayuri dan Arfan.

PSM benar-benar digdaya di pertandingan malam ini. Juku Eja kembali mencetak gol. Kini giliran Willem Pluim yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 65. Memanfaatkan umpan Rasyid Bakri, Pluim menyundul bola dengan kepalanya dan membuat skor menjadi 5-1.

Persib sangat-sangat kesulitan meladeni permainan PSM. Terbukti hingga menit 70, Persib tidak memiliki peluang berarti lagi setelah gol Marc Klok di babak pertama tadi.

Suplai bola untuk David da Silva yang jadi ujung tombak juga tidak begitu mengalir. Para pemain Maung Bandung banyak kehilangan bola di lini tengah.

Asisten pelatih Persib Budiman mencoba memasukkan Erwin Ramdani dan Abdul Aziz untuk menambah daya gedor. Febri Hariyadi dan Ricky Kambuaya yang bermain kurang maksimal, ditarik keluar di menit 72.

Di siswa waktu yang ada, pergantian kembali dilakukan di kubu Persib. Beckham Putra dimasukkan mengganti Ciro Alves, sedangkan Henhen masuk mengganti Bayu Fiqri.

Namun PSM justru yang lebih banyak melakukan serangan. Peluang sementara Persib masih sulit menembus kokohnya pertahanan PSM yang dikomandoi Yuran Fernandes.

Dalam 4 menit tambahan waktu, PSM mencoba men-delay permaianan untuk mengamankan skor. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor tidak berubah. PSM menang 5-1 atas Persib Bandung. Sumber. Detik.com / DH, (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *