Juli 18, 2024

Mendes PDTT dan Bupati Roby Launching Gerakan Padat Karya Tunai Desa di Pantai Sahabat Teluk Bakau

2 min read

BINTAN,sempenanews.com – Tepat di peringatan Hari BUM Desa Tahun 2023, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar bersama Wamendes Budi Arie Setiadi dan Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama-sama melakukan Launching Gerakan Padat Karya Tunai Desa, pada Kamis (02/02) di Pantai Sahabat Desa Teluk Bakau.

Gerakan PKTD ini dimaksukan Mendes akan digesa secara maksimal selama dua periode dalam satu tahun yakni di bulan Februari dan Agustus.

“Kegiatannya sepanjang tahun, hanya saja di Februari dan Agustus kita dorong lebih maksimal. Tujuannya mendukung program nasional” kata Mendes Abdul Halim.

Pada Karya Tunai Desa ini dialokasikan dari Dana Desa yang akan membangun batu miring untuk menunjang aliran air agar terus ke laut. Pada bulan ini setiap Desa se Indonesia diminta melakukan kegiatan PKTD dan melibatkan unsur masyarakat yang diharapkan.

“Kalau bisa libatkan mereka yang belum bekerja, wanita yang menjadi kepala keluarga. Mereka yang tidak punya skill lebih tapi bisa bekerja. Upahnya sesuai Permendes kalau bisa perhari dibayarkan atau paling tidak seminggu sekali” tambahnya menjelaskan.

Sementara Bupati Bintan saat ditanyai menyampaikan komitmennya untuk mendukung keinginan Mendes PDTT. Dirinya akan langsung memantau data prioritas yang diusulkan setiap Desa agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Tadi sudah diamanahkan. Kita akan pantau langsung data yang ada dengan kondisi nyata di lapangan. Tentu kita ingin program ini bisa menjawab kebutuhan mendasar di masyarakat” papar Roby.

Program PKTD ini juga bekerjasama dengan Kementerian PUPR yang memiliki program pembangunan berbasis masyarakat. PKTD di Desa Teluk Bakau ini dialokasikan sebesar Rp. 85 Juta sebagai tahap dasar pembangunan.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *