Juli 18, 2024

Wakil Bupati Himbau Santri Terus Belajar dan Menjadi Penghafal Al-Qur’an

2 min read

BANTAN,sempenanews.com-Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso mengajak generasi muda generasi penerus bangsa untuk terus mempelajari dan memperdalam bacaan Al-Qur’an. Dan yang tak kalah penting para santri juga harus menjadi penghafal Al-Qur’an.

“Kami yakin dengan menjadi generasi Qur’ani dapat menangkal para santri dari arus globalisasi dan teknologi saat ini. Makanya kami pesankan kepada anak-anak kami yang ada di Ponpes ini agar tidak hanya membaca Al-Qur’an namun benar-benar mempelajarinya serta jadikanlah Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kalian,” kata orang nomor dua di Negeri Junjungan ini saat menghadiri acara Khatmil Qur’an dan Buka Bersama Santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan, Kamis (06/4/2023).

Sebelumnya H Bagus juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H kepada para santri dan segenap jajaran Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan. Kemudian beliau juga menyampaikan rasa bangga dan harunya dipertengahan hari ke-15 bulan Ramadhan ini bisa berada dan berkumpul ditengah anak-anak pencinta Al-Qur’an dan Insya Allah para penghuni surga untuk melaksanakan buka puasa dan khatam Qur’an bersama.

“Melalui momentum ini, kami harapkan dapat menjadi wahana memperkokoh serta meningkatkan jalinan silaturahmi, mengikat ukhuwah islamiyah dan menyatukan hati, saling memaafkan, dan tentunya sebagai sarana memperkuat kerjasama lembaga pendidikan dengan Pemerintahan Kabupaten Bengkalis untuk membangun Negeri Junjungan yang bermarwah, maju dan sejahtera,” kata H Bagus.

Dihadapan para santri, H Bagus menjelaskan keutamaan yang diperoleh dengan membaca Al-Qur’an terutama di bulan suci ramadhan bulan yang penuh berkah. Di bulan suci ini, umat muslim memiliki kesempatan untuk meraih pahala berlipat ganda dari setiap ibadah yang dikerjakannya.

Menurut H Bagus setidaknya ada lima keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan ramadan, yakni pertama, memperoleh ketenangan dan dinaungi malaikat, kedua, pahala satu huruf dibalas sepuluh kebaikan, ketiga diharamkan dari sifat dengki, keempat mendapatkan syafaat di hari kiamat dan kelima ditempatkan oleh Allah SWT di surga.

“Maka dari itu, mari kita bersama-sama berlomba-lomba meraih pahala dengan memperbanyak membaca Al’Quran. Mudah-mudahan kita yang hadir dan melaksanakan Khatmil Qur’an pada hari ini mendapat ke lima keutamaan tersebut,” ajak H Bagus.

Sementara Pimpinan Ponpes Modern Nurul Hidayah H Ahmad Pamuji mengatakan jumlah peserta Khatmil Qur’an untuk tahun 2023 berjumlah 250 orang.

Kepada santriwan dan santriwati, Pamuji berpesan agar ilmu yang diperoleh dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Manfaatkan ilmu sekecil apapun, kenali dirimu dengan baik agar tak salah dalam melangkah. Ingat tak ada istilah tua dalam belajar, untuk itu teruslah tingkatkan pengetahuan mu,” pesannya.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Syafri, Ketua Kemenag Bengkalis Drs. H. Khaidir, Ketua Yayasan Ponpes Nurul Hidayah Drs. Abdul Wahid, Kepala Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bengkalis Ilham Khalid, dan para majlis guru serta santri dan santriwati.Penulis : inf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *