Juli 20, 2024

Bupati Aunur Rafiq Buka Festival Lampu Hias Ramadhan di Kirimun

2 min read

KARIMUN,sempenanews.com-Pelaksanaan festival atau lomba lampu hias eid mubarak 1444 H di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau resmi dimulai.

Dimulainya lomba tersebut ditandai dengan kegiatan peluncuran penyalaan lampu colok dan elektrik seluruh peserta secara serentak oleh Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si dari Panggung Rakyat Rumah Dinas Bupati Karimun, Senin (17/4/2023) malam.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si dalam sambutannya mengaku senang pelaksanaan lampu hias di bulan suci ramadhan dapat kembali diselenggarakan pada tahun ini.

Hal ini dikarenakan perlombaan tersebut ditiadakan selama tiga tahun belakangan akibat pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, lomba lampu hias di Karimun dapat kembali dilaksanakan pada tahun ini. Perlombaan ini yang sangat dinantikan oleh masyarakat untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri,” kata Bupati.

Bupati bahkan mengucapkan terima kasih atas semangat masyarakat khususnya para pemuda pada pelaksanaan lampu hias pada tahun ini.

Semangat tersebut dibuktikan dengan jumlah peserta lampu hias baik colok dan elektrik yang mencapai total 94 tim yang tersebar di 14 kecamatan.

“Antusias peserta sangat luar biasa dengan jumlah hampir 100 peserta, hal ini menunjukkan semangat masyarakat khususnya pemuda kita untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan di Kabupaten Karimun yang kita cintai ini,” terang Bupati.

Bupati berharap tingginya antusias terhadap pelaksanaan lampu hias tersebut dapat meningkatkan kekompakan, rasa kekeluargaan dan semangat masyarakat Kabupaten Karimun.

Baginya, perlombaan tersebut bukan hanya sekedar mencari juara. Melainkan juga sebagai momentum untuk menyemarakkan dan melestarikan budaya atau tradisi umat muslim di bulan suci ramadhan.

“Melalui lampu hias ini kita harapkan dapat memperkuat rasa kekeluargaan dan kekompakan serta juga semangat untuk menjaga tradisi kita,” ujarnya.

Sebagai informasi, lomba lampu hias eid mubarak 1444 H memperlombakan dua kategori yakni lampu colok dan lampu elektrik.

Kategori lampu colok bagi yang menjadi juara I meraih hadiah uang tunai sebesar Rp 20 juta, Juara II Rp 17,5 juta, Juara III Rp 15 juta, Juara IV Rp 12,5 juta, Juara V Rp 10 juta, dan Juara VI Rp 7,5 juta.

Sedangkan untuk Kategori Lampu Elektrik Juara I Rp 15 juta, Juara II Rp 12,5 juta, Juara III Rp 10 juta, Juara IV Rp 7,5 juta, Juara V Rp 5 juta, dan Juara VI Rp 2,5 juta. Penulis : Boy Nainggolan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *