Juni 16, 2024

Bupati Alfedri Hadir Temu Bisnis Tahap VI ICEF di Jakarta

2 min read

JAKARTA,sempenanews.com–Bupati Siak Alfedri menghadiri Pembukaan Temu Bisnis Tahap VI Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF), dengan tema “Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri Wujudkan Kemandirian Bangsa”, yang dilaksanakan di Jakarta Internasional Expo, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Acara tersebut, di buka Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, dan dihadiri oleh beberapa Kementerian terkait, para Gubernur/Bupati / Walikota se-Indonesia.

Bupati Siak Alfedri di damping Kabag Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Jon Efendi usai acara di temui mengatakan kegiatan ini, upaya mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi nasional, salah satu langkahnya dengan menggunakan produk dalam negeri, termasuk industri dan UMKM masyarakat pada umumnya.

“Acara ini langkah nyata mendukung kampanye nasional, Gerakan Bangga Buatan Indonesia, melalui Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,”sebutnya.

Bupati Siak Alfedri mengucapkan syukur bisa hadir pada acara temu bisnis tahap VI Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF), di Jakarta yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah se – Indonesia.

“Tadi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan bahwa Business matching atau temu bisnis yang dilaksanakan hari ini, merupakan salah satu cara yang sangat penting di dalam memberikan forum dan mediasi sehingga penggunaan produk import yang masih sangat tinggi bisa terus diturunkan”, ucap Alfedri.

“Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, kita juga sudah mulai menerapkan dengan pihak ketiga, diharapkan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah daerah, lewat e-katalog wajib mengunakan produk lokal atau dalam negeri,”sebutnya.

Untuk menurunkan penggunaan Produk import, dan juga menjaga ketahanan ekonomi, program penggunaan produk dalam negeri atau P3DN adalah salah satu upaya dari Pemerintah bekerjasama dengan saluruh dunia usaha saat ini.

“Mari tumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap produk dalam negeri bukan sekedar gaya, hanya ikuti tren saat ini. Tetapi upaya dan dukungan sistematis dari semua pihak untuk memperkuat ekonomi dalam negeri agar dapat bersaing di kancah internasional,”singkat Alfedri.Penulis : inf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *