Juni 21, 2024

Sekda Arfan Harap Pengurus Musenda Terpilih Kedepan Mampu Majukan Seni di Kabupaten Siak.

2 min read

SIAK,sempenanews.com – Bupati Siak Alfedri yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman membuka Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) Dewan Kesenian Siak (DKS) Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Hotel Winaria Sutomo, Sabtu (12/08/2023).

Sekretaris Daerah Siak Arfan Usman dalam sambutannya menyampaikan dengan dilaksanakan Musenda ini akan memilih pengurus-pengurus baru yang peduli kepada seni, dapat memajukan Seni di Kabupaten Siak

” Atas nama pemerintah kabupaten Siak kami mengapresiasi dan mendukung pengurus DKS Siak yang baru kelak. Semoga kesenian Siak makin maju,”ucapnya.

Arfan juga berharap pengurus seniman Siak untuk berdiskusi atau bertukar pikiran melalui wadah Dewan Kesenian Siak ini, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Siak selalu mendukung penuh kegiatan ini.

“Untuk membangkitkan kesenian dan kebudayaan Siak tentunya banyak hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan budaya Melayu ini,” katanya.

Dilanjutkan Arfan Usman, dibutuhkan kerjasama untuk meningkatkan Budaya Melayu Riau terkait cagar budaya, warisan budaya, dan pementasan kesenian budaya.

“Mari sama-sama, kita dukung siapa yang terpilih nanti menjadi ketua dewan kesenian Siak,”singkatnya.

Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Riau (DKR) Taufik Hidayat menjelaskan Dewan Kesenian adalah mitra pemerintah untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya.

Dewan Kesenian juga berkewajiban memberi masukan kepada pemerintah daerah apa seni dan budaya yang harus kita kembangkan dan kita lestarikan

“Siak ini dalam historisnya bagi Seniman Siak ini adalah bagaikan kertas putih yang terbentang sangat luar biasa dimana para seniman menari, bertari, menulis dan melukis,”kata dia.

Lanjutnya, Historis kerajaan Siak ini sangat besar sehingga bisa menjadi ide-ide bagi para Seniman untuk berkarya,berkreativitas

“Saya berpesan kepada kawan-kawan Seniman Siak setelah pandemi covid 19 berlalu pertumbuhan ekonomi kita itu ada di pundak Seniman. Seniman bangkit, pariwisata juga ikut bangkit ekonomi mulai tumbuh di negeri istana ini,”tutupnya.Penulis : inf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *