Juni 26, 2024

Husni Merza bersama Forkopimda Patroli Udara Karhutla, Siak Nihil Titik Api

2 min read

SIAK,sempenanews.com-Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kabupaten Siak saat musim kemarau panjang, Wakil Bupati Siak Husni Merza bersama Forkopimda melakukan patroli udara.

Patroli gabungan itu, menggunakan Helikopter Puma milik PT RAPP yang dimulai dari Kantor bupati Siak terbang berkeliling ke wilayah sungai mandau yang rawan Karhutla dan perambahan hutan.

“Selasa kemarin, kami melakukan pemantauan karhutla di wilayah kabupaten Siak, bersama tim. Terbang menuju Sungai Mandau hingga Teluk Lanus dan Putong. Dari pantauan, kami pastikan tidak ada titik api,”ujar Wakil Bupati Siak Husni Merza, di Siak Sri Indrapura, rabu, (27/9/2023).

Namun, kata dia kita jangan terlena, karena kondisi cuaca panas ekstrim ini. Seluruh pihak di tuntut siaga dan antisipasi jika terjadinya Karhutla.

“Ada dua titik yang menjadi Kosentrasi kita Sungai Mandau dan Sungai Apit, nihil Karhutla, ini bisa meyakinkan kita,”kata dia.

Tim patroli udara juga memantau ketinggian air di kanal-kanal baik milik perusahaan maupun kanal yang berada di areal perkebunan masyarakat.

Wabup Husni dan rombongan juga mengunjungi PT PAPP Estate Sungai Mandau dan melakukan pengecekan peralatan RPK dimiliki RAPP dalam rangka mitigasi terjadi karhutla di wilayah sungai mandau sekitar nya.

“Kita lihat air di kanal masih tinggi dan air tersedia. Artinya jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan, air mudah di jangkau. Termasuk kita tadi melihat dan mengcek alat -alat pemadam dan kesiapan tim reaksi cepat RAPP antisipasi jika terjadi Karhutla,”terangnya.

Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah antisipasi terjadi nya Karhutla dan perambahan hutan di wilayah Siak Khusus nya Sungai Mandau.

“Ini salah satu bentuk sinergitas TNI-Polri, Pemerintah daerah dan perusahaan yang memiliki wilayah HPHTI di wilayah Siak dalam mengantisipasi terjadi nya Karhutla”, singkat Asep.

Patroli udara itu, Wabup Husni di dampingi Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi dan Dandim 0322 Siak Letkol Inf M Faizal Efendi dan Manager Fire HO PT RAPP Syamsuria. Penulis : def

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *