Juni 21, 2024

Panen Ikan Kerapu Cantang di Desa Wisata, Pokdakan Harapan Jaya Melalui Bantuan Pemerintah Desa Mepar

2 min read

Lingga, sempenanews.com –

Melalui program ketahanan pangan
Potensi laut sungguh menjanjikan dan sangat besar manfaatnya tentu saja sebuah kemajuan pembangunan mesti fokus pada pengembangan sektor budidaya ikan, Salah satunya budidaya ikan kerapu cantang yang ada di desa wisata mepar. terlihat sudah keberhasilan pokdakan harapan jaya Desa Mepar terus mengembangkan usahanya sangat cocok dan begitu menjanjikan dengan pengembangan budidaya usaha ikan kerapu cantang yang dilakukan pembudidayaan karena bisa terukur tentu saja didaerah-daerah yang memiliki potensi laut, mengembangkan usaha bisa mencontohkan keberhasilan dengan semangat yang dilakukan Pokdakan harapan jaya Nelayan Desa Mepar, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Selasa. (5/12/2023)

“Fait Sundoyo Kades Mepar. dalam arahannya menyampaikan setelah keberhasilan panen yang dilakukan ini saya berharap kepada kelompok supaya bisa langsung disisihkan untuk pembelian bibit minimal jumlahnya sama dari yang kemarin diberikan desa, syukur-syukur bisa lebih, dan keuntungan yang didapat gunakan untuk biaya hidup dan ditabung. Maka dengan panen perdana ini belum kita ambil persentase untuk PAD, tentunya kedepannya nanti akan kita buat aturan persentase keuntungan agar bisa menyumbang pendapatan asli desa, ujarnya.

Dikesempatan yang sama Camat Lingga. Abdul Malik memberikan apresiasi kepada Pemdes Mepar dan kelompok budidaya, ini adalah nilai tambah bagi Desa Wisata Mepar. Mudahan-mudahan bisa menjadi contoh bagi yang lain untuk menumbuhkan kelompok budidaya-budidaya yang baru. Sehingga pertumbuhan perekonomian keluarga semakin terbantu. Hal yang sama disampaikan Pendamping Desa Emon Satria, semoga kegiatan ini terus berkelanjutan didesa mepar sehingga bisa mengurangi kemiskinan ekstrem yang ada, 

“Ketua Kelompok Harapan Jaya Mistari mengungkapkan kegembiraanya atas panen ini. Terimakasih kepada pak kades yang telah membantu kelompok kami, Alhamdulillah atas bantuan bibit yang disalurkan tahap pertama di bulan maret kemarin perkembanganya sangat bagus, sehingga ada per-ekor yang bahkan sampai sekilo lebih, dan ukuran yang paling kecil berat timbangan 8 on. Maka perlu kami jelaskan untuk harga pasaran saat ini memang turun yaitu Rp.120,000 (seratus dua puluh ribu rupiah) perkilo. Namun untuk panen perdana ini kelompok kami bisa panen satu ton lebih. Dengan harapan terbesar saya yang dipercaya sebagai ketua kelompok berharap kepada rekan-rekan anggota teruslah semangat untuk mengembangkan usaha budidaya ikan ini, Ucapnya.

Adapun pada panen perdana ikan kerapu cantang, Pokdakan harapan jaya dihadir, Kepala Desa Mepar Faif Sundoyo, Camat Lingga Abdul Malik, Pendamping Desa Emon Satria, PLD  Roza, Pendamping Perikanan Tyson dan Ibu Susi, Ketua BPD Mepar Mukhtar, Ketua Kelompok Harapan Jaya Mistari dan anggota,

Penulis, R/DH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *