Juni 20, 2024

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BPN Bengkalis bersama DLH Tanam 100 Pohon.

3 min read

MENTAYAN,sempenanews.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan menindaklanjuti arahan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bengkalis bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis melaksanakan penanaman pohon di Desa Mentayan, Rabu, 5 Juni 2024.

Kegiatan yang diagendakan setiap tahunnya oleh Kementerian ATR/BPN ini terpusat di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Sebelum dilakukannya penanaman pohon, Kepala Kantah Kabupaten Bengkalis diwakili Kepala seksi pengendalian dan penanganan sengketa Desfrizul, SH,MH bersama Bupati Bengkalis diwakili Kepala DLH Kabupaten Bengkalis Basuki Ahmad, AP, M.Si dan Pemerintah Desa Mentayan mengikuti Zoom meeting virtual yang diikuti seluruh Kantah Wilayah 33 Provinsi dan 449 Kantah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, AHY menyebutkan bahwa Indonesia harus selalu menjadi juara untuk urusan lingkungan hidup, dan pada hari ini, dan kedepan semua Masyarakat Indonesia harus melawan krisis iklim dan melawan yang tidak baik adanya perubahan ekosistem di Indonesia yang merusak lingkungan sehingga merugikan masyarakat.

“Bencana alam, cuaca ekstrim, kekeringan, kelangkaan air, cuaca tidak menentu, juga berdampak produksi pertanian di Indonesia, juga berdampak bagi kehidupan masyarakat serta merugikan banyak pihak dilingkungan masyarakat,” Papar AHY.

AHY juga menyampaikan adanya tantangan kedepan yaitu betapa pentingnya menjaga lingkungan sehingga ketahanan pangan ketahanan air bisa terjaga, “Kita berharap selalu ada energi baru dan transisi energi sebagai fundamental dan Indonesia harus menjadi juara dari penanganan krisis iklim,” Lanjutnya.

Kemudian, Desfrizul menyampaikan bahwa Kondisi lingkungan yang semakin memburuk akibat berbagai aktivitas manusia, seperti deforestasi, polusi udara dan air, serta perubahan iklim, memerlukan perhatian serius dari seluruh lapisan masyarakat Kabupeten Bengkalis.

“Keadaan ini mengharuskan kita semua untuk lebih bijak dalam mengelola sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah Kabupaten Bengkalis, sehingga dapat membantu terjaganya kelestarian alam,” Ungkap Desfrizul.

Desfrizul menambahkan, kegiatan penanaman Pohon tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta dapat mendorong partisipasi aktif dari semua pihak dalam upaya pelestarian lingkungan, baik melalui tindakan-tindakan kecil dalam kehidupan sehari-hari maupun melalui kebijakan dan program yang berkelanjutan.

Selanjutnya, Basuki mengatakan pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui DLH Menyambut baik kegiatan tersebut karena memang arahan dari pemerintah pusat meminta untuk melakukan kagiatan-kegiatan ataupun aksi lingkungan.

“hari ini salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah penanaman pohon sesuai dengan tema yang ditetapkan tahun ini, bahwa dalam rangka penyelesaikan kerisis iklim kita lakukan melalui inovasi dan perinsip keadilan dengan harapan penanaman pohon merupakan salah satu bagian dari kontribusi kita untuk menjaga lingkungan, mengurangi emisi karbon,” ungkap Basuki.

Kemudian Basuki berharap kepada pemerintah desa dan masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga pohon yang telah ditanam sehingga, mudah-mudahan tumbuh dan dapat mengurangi emisi karbon juga dapat memotivasi masyarakat dalam menjaga kelestarian alam.

“Kegiatan penanaman Pohon ini juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, serta dapat mendorong partisipasi aktif dari semua pihak dalam upaya pelestarian lingkungan, baik melalui tindakan-tindakan kecil dalam kehidupan sehari-hari maupun melalui kebijakan dan program yang berkelanjutan,”harap Basuki.

Selain menanam pohon dilingkungan Kantor Desa Mentayan, juga dilaksanakan di Pondok Pesantren Nuruessalam Desa Mentayan dan Agrowisata Desa Mentayan. Acara penanaman Pohon tersebut diikuti oleh seluruh pegawai di lingkup Kantah Kabupaten Bengkalis, Kantor DLH Kabupaten Bengkalis, Upt DLH Kecamatan Bantan, Pegawai Kantor Desa Mentayan, Anggota BPD Desa Mentayan serta Masyarakat Desa Mentayan. Penulis :Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *