Agustus 1, 2021

Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021, Tetapkan 6 produk TTG sebagai  juara

3 min read

KEPRI,sempenanews.com-Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina secara resmi menutup Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021, yang telah dilaksanakan pada hari Selasa s.d Kamis tanggal 15 s.d 17 Juni 2021. Kegiatan Lomba  dilaksanakan secara langsung/tatap muka bagi  Kabupaten/Kota yang berada di dalam wilayah pulau Bintan, dan diikuti secara  daring/virtual bagi peserta Kabupaten/Kota yang berada di luar wilayah pulau Bintan.

Dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna, Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau telah menyelenggarakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021,

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Aston Tanjungpinang selama tiga hari yaitu, pada hari Selasa s.d Kamis tanggal 15 s.d 17 Juni 2021.

Adapun peserta  Lomba ini berasal dari usulan juara-juara dari tingkat Kabupaten/Kota, serta hasil seleksi Proposal TTG dari Kabupaten/Kota.  Adapun hasil seleksi proposal yang masuk pada Tim Seleksi Lomba Tngkat Provinsi Kepulauan Riau  berjumlah 30 TTG.

Tim Penilai Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 terdiri dari 5 orang yaitu  dari Pusat Pengembangan TTG LIPI, dari Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, dari Politeknik Negeri Batam, dari UMRAH Tanjungpinang dan dari DPMD DUKCAPIL Provinsi Kepri.
Berdasarkan penilaian Tim Seleksi ditetapkanlah  6 produk TTG sebagai juara.

Hal itu tertuang dalam Berita Acara Penilaian Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021, dan menetapkan  Juara I s.d Juara III dan Juara Harapan I s.d Juara Harapan III.

Berikut adalah Nama-nama juara, nama produk dan asal daerahnya :

Juara I : Lindawani Siregar dengan judul TTG Setrika Wireless Bersuara untuk Penyandang Tunanetra (SweB-Tunanetra) dari Kota Batam
Mendapatkan hadiah sebesar Rp. 15.000.000 + Piagam dan Trofi

Juara II: Altaf Haidar Ridwan dan Sandi Pamungkas dengan judul TTG Rainzer (Rain Hand Sanitizer) dari Kabupaten Natuna
Mendapatkan hadiah sebesar Rp. 13.000.000 + Piagam dan Trofi

Juara III: Suryadi Lie dengan judul TTG Tong Ajaib + Maggot Versi 3 dari Kota Tanjungpinang
Mendapatkan hadiah sebesar Rp. 10.500.000 + Piagam dan Trofi

Harapan I: Awanda Diky Saputra dan Fauziah dengan judul TTG Pemanfaatan Limbah Sagu dalam Pembuatan Deterjen Cair dan Produk Turunannya
Mendapatkan hadiah sebesar Rp. 7.500.000 + Piagam dan Trofi

Harapan II: Rahmat Hidayat dengan judul TTG Budidaya Maggot Berbasis Sistem Pertanian dan Peternakan Terpadu Desa Teluk Bakau.
Mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5.500.000 + Piagam dan Trofi

Harapan III: Muhammad Faisal Abduh dengan judul TTG Penyiram Tanaman Berbasis Internet of Thing (IOT) dan Smartphone.
Mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3.500.000 + Piagam dan Trofi

Setelah pengumuman pemenang, selanjutnya dilakukan penyerahan hadiah, piala dan piagam kepada para pemenang,
Hadiah dan piala diserahkan oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina.
Pada sambutannya Ibu Hj. Marlin Agustina berharap baik bagi yang juara maupun yang belum mendapatkan juara agar terus berjuang dan berinovasi  tidak berhenti sampai disini, tetapi dilanjutkan terus sampai dapat digunakan baik di desa masing-masing, atau bahkan lebih luas lagi.ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Provinsi Kepulauan Riau, Drs. H. Sardison, MTP mengatakan, “Dengan dihasilkannya juara-juara Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 ini, diharapkan inovasi inovasi TTG ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan dapat meningkatkan nilai suatu produk baik dari segi kuantitas maupun kualitas  guna menggerakkan ekonomi masyarakat terlebih lagi dalam masa pandemi Covid-19 ini.  Disisi lain inovasi TTG dari Provinsi Kepulaun Riau ini juga nantinya diharapkan mampu bersaing di Tingkat Nasional/Pusat melalui Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (GTTGN) yang merupakan sebuah rangkaian lomba yang telah dilakukan dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi. Selain itu juga nantinya pemenang Lomba Inovasi TTG ini mampu bersaing di Tingkat Internasional, harapnya.

Sardison menambahkan ke depan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau berencana untuk menjadikan salah satu/sebagian TTG yang meraih prestasi dan yang telah dimafaatkan oleh masyarakat dapat dijadikan sebagai pilot project. Pemanfaatan dan Pengembangan Replikasi Inovasi Teknologi Tepat Guna untuk dikembangkan di daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Menurutnya Lomba Inovasi TTG merupakan bagian dari Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam di Desa atau di Kelurahan, ini dimaksud sebagai upaya optimalisasi sumberdaya alam terutama di Desa serta memajukan Ekonomi Desa, penguatan kapabilitas masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat dengan mendorong Pembentukan Pengembangan dan Penguatan Lembaga layanan teknologi/Pos Pelayanan Teknologi.

Selanjutnya, dalam rangka Pengembangan dan Penerapan TTG lebih optimal, diperlukan integritas dan dukungan stakeholders terkait, mulai dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Posyantek, Tenaga Ahli TTG, dunia usaha maupun Kelompok masyarakat lainnya, tutupnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *